Total Tayangan Halaman

Senin, 03 Oktober 2011

RAGAM BUDAYA DI BANYUMAS

PENYUSUNAN  RAGAM  BUDAYA  JAWA  TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  KEDUNGBANTENG
DESA                         :  KARANGNANGKA

  1. Gambaran umum

   PETA KABUPATEN BANYUMAS
















PETA KECAMATAN KEDUNGBANTENG
 
 


 
 


















Kabupaten  Banyumas   merupakan  bagian  dari  wilayah  propinsi  Jawa  Tengah  yang  terletak  di  bagian  barat.  Mengenai  luas  Wilayah  Banyumas   Kabupaten  Banyumas  +  132.759.,56  ha  atau  1.327,60  km2   yang  terdiri  dari wilayah  dataran  dan  pegunungan.
Letak  wilayah  Kabupaten  Banyumas  yang  sangat  strategis  sebagai  pintu  gerbang  masuk  wilayah  propinsi  Jawa  Tengah  bagian  selatan,  yang  terdiri  dari  wilayah  pegunungan, dataran  rendah  lembah  sungai  Serayu, gunung  Slamet  yang  menstabilkan  kondisi  alam  stabil  murah  air  bebas  banjir,  tanah  vulkanik  yang  subur,  sehingga  sangat  memungkinkan  keanekaragaman  kehidupan  sosial  politik  dan  budaya.
Kabupaten  Banyumas  tergolong  kabupaten  yang  sudah  tua,  karena  berdiri  sejak  6  April  1582  sebagai  pendiri  pertama  yaitu  R.  Joko  Kaiman.  Karena  usianya  yang  sudah  tergolong  tua  dibandingkan  kabupaten-kabupaten  lain  maka  ragam  budaya  yang  dimilikinyapun  cukup  banyak   dan  beragam.  Jika  kita  lihat  secara  historis  dari  kondisi  alam  wilayah  Kabupaten  Banyumas  ada  dua  ragam  yang  melatar belakangi  budaya  Banyumas.  Pertama  ragam  budaya  diwarnai  oleh  gaya  kehidupan  orang  orang  yang  tinggal  di  wilayah  dataran  tinggi  pegunungan  kaki  gunung  Slamet.  Kedua  ragam  budaya  yang  banyak  diwarnai  oleh  kondisi  alam  lembah  sungai  Serayu.

B. Keragaman Budaya
RAGAM  BUDAYA  Kabupaten  Banyumas  sangat  sedikit  diwarnai  oleh  gaya  kehidupan  keraton,  karena  wilayah  kabupaten  Banyumas  termasuk  wilayah  yang  cukup  jauh  dari  wilayah  keraton  yang  ada  di  Jawa  Tengah.  Karena  itu  ragam  budaya  orang  Banyumas  baik  dari  bahasa  maupun  corak  gaya  hidupnya  termasuk  aneh  dan  nyleneh  berbeda  dengan  bahasa  dan  gaya  hidup  orang  keratonan.
Mengenai  batas –batas  wilayah  kabupaten  Banyumas  sebelah  barat  dan  selatan  berbatasan  dengan  wilayah  kabupaten  Brebes  dan  Cilacap.  Sedangkan  batas  wilayah  sebelah  utara ,  timur  dan  tenggara  berbatasan  dengan  wilayah  kabupaten  Pemalang,  Purbalingga,  Banjarnegara  dan  Kebumen. 
Kabupaten  Banyumas  terdiri  dari  27  kecamatan  dan  315  desa   yang  yersebar  di  wilayah  perbukitan  dan  dataran  lembah  sungai  Serayu.
Jumlah  penduduk  di  kabupaten  Banyumas  tergolong  padat  karena  wilayah  kabupaten  Banyumas  tergolong  subur  dan  letaknya  yang  sangat  strategis  mudah  dijangkau  dari  seluruh  wilayah  yang  tinggal  di  pulau  Jawa.  Namun  demikian  kondisi  sosial  budaya  yang  ada  di  kabupaten  Banyumas  belum  bisa  terurus  dengan  baik  karena  kendala  dana  dan  semakin  kurangnya  kepedulian  masyarakat  Banyumas  terhadap  nilai-nilai  budaya  yang  sudah  ada.  Warisan  Budaya  yang  ada  di  wilayah  Banyumas  sebenarnya  sangat  banyak,  hal  ini  bisa  kita  jumpai  sisa  sisanya  disetiap  pelosok  pedesaan  atau  perkampungan  di  wilayah  Banyumas.  Sebagai  contoh  ragam  bahasa  Banyumasan  hampir  setiap  desa  atau  perkampungan  pasti  ada  perbedaanya  dalam  memberi   nama  suatu istilah.  Tata  kehidupan,  Upacara  adat  dsb.
Dari  berbagai  Ragam  Budaya  yang  ada  di  wilayah  Kabupaten  Banyumas  kita  akan  mengangkat  salah  satu  contoh  Upacara  Tradisional  yaitu  RUWAT  BUMI.
Salah  satu  contoh  Ruwat  Bumi  yang  akan  dibahas  disini  adalalah  yang  ada    ruwat  bumi  di salah satu  desa  di  wikayah  kecamatan  Kedungbanteng  Kabupaten  Banyumas  tepatnya  di  desa  Karangnangka.

C. Acara Tradisi Ruwat Bumi  ( Sedekah Bumi )
 I. Gambaran  Umum  Kegiatan  Ruwat  Bumi
Secara  umum  kegiatan  Ruwat  Bumi  sudah  banyak  dilakukan  disetiap  desa  di  wilayah  Kabupaten  Banyumas.  Namun  demikian  kegiatan  ini  sudah  jarang  dilakukan. Mengapa    sebab  dijaman  sekarang  sudah  ada  pergeseran  kepentingan  dan  pengertian.  Ada  yang  berpendapat  bahwa  Ruwat  Bumi  adalah  kegiatan  penghambur  hamburan  dan  pemborosan  dan  sudah  kurang  manfaatnya.  Sebagian  ada  pula  yang  berpendapat  Ruwat  Bumi  kegiatan  yang  melanggar  aqidah  ajaran  agama  tertentu.     
Berbagai  pendapat  yang  ada  karena  ada  pergeseran  pengertian  maksud  dan  tujuan.  Pengertian,  maksud  dan  tujuan  Ruwat  Bumi  sekarang  sudah  dianggap  kurang  relevan  lagi  dengan  tuntutan  jaman .  Hal  ini  bisa  terjadi  tatkala  generasi  penerus  dibiarkan  tak  ada  kepedulian  dari  generasi  tua   untuk  diajak  terlibat  dalam  suatu  kegiatan  yang  diselenggarakan  oleh  generasi  tua.   Tatkala  ada  yang  ikut  dilibatkan  tidak  diberi  pengertian  maksud  dan  tujuan.  Kegiatan  tingggal  kegiatan,  kehambaran  mewarnai  suatu  upacara  yang  diselenggarakan  oleh  kaum  tua.  Apa  jadinya  kaum  muda  berkata  “ membosankan”  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  kaum  tua.  Tak  terasa  kegiatan  ruwat  bumi  berangsur  hilang  dan  sudah  kurang  menarik  lagi  diera  jaman  sekarang.  Kaum  tua  menjerit  jaman  edan  orang  sekarang  sudah  meninggalkan  nilai  nilai  budaya  luhur  yang  dibangun  oleh  kakek  nenek  kita. 
Namun  demikian  masyarakat  desa  Karangnangka  Kecamatan  Kedungbanteng  tidak  larut  dan  tergerus  oleh  jaman  yang  sudah  poyang  payingan  dan  tidak  menentu   terhadap  budaya  yang  ada  sekarang  ini.  Masyarakat  di  desa  Karangnangka  masih  tetap  teguh  untuk  mempertahankan  dan  mengembangkan  nilai nilai  budaya  peninggalan  nenek  moyang.
Bukti   masyarakat  desa  Karangnangka  masih  mempertahankan  nilai  budaya  leluhur  setiap  tanggal  1  syura  diadakan  kegiatan  Ruwat  Bumi  yang  dimulai  dari  bersih  makam  para  leluhur  dengan  urutan  kegiatan  sebagai  berikut:



II. Prosesi Ruwat Bumi
  1. Pelaksanaan  diselenggarakan  setiap  tanggal  1  syura
  2.  Kegiatan  prosesi   
    1. Bersih  makam  para  tokoh  desa  Karangnangka
    2. Mengadakan  do a  ritual dan  upacara  adat  Ruwat  Bumi
    3. Pawai  arak-arakan  mengiring  gunungan  hasil  bumi  serta  tumpeng  selamat  yang   dibuat  oleh  tiap-tiap  RT  dan  diiringi  musik    unggulan  dari  RT  masing-masing.
    4. Serah  terima  Gunungan  hasil  bumi  dari  tokoh  masyarakat  ke  Kepala  Desa.
    5. Upacara  Syukuran  Ruwat  Bumi  di  Balai  Desa  dan  diiringi  gending  -  gending  sakral  Ruwat  Bumi
    6. Wayangan  Ruwat  Bumi  sehari  yang  diakhiri  dengan  rebutan  Gunungan  Hasil  Bumi
    7. Dilanjutkan  malam  hari  hiburan  Wayang  Kulit  semalam  suntuk.
  3. Kelengkapan  yang  digunakan  dalam  Upacara  Adat  Ruwat  Bumi  :
    1. Tumpeng  Selamat  dari  tiap-tiap  RT
    2. Gunungan  hasil  bumi
    3. Pusaka  keramat  seperti  tombak,  keris, pedang, dsb.
    4. Tandu  tumpeng  dan  gledegan  atau  becak
    5. Peralatan  kesenian
    6. Peralatan  makan
    7. Peralatan  dokumen
    8. Peralatan  pentas  wayang  kulit
  4. Peserta  yang  terlibat  dalam  kegiatan  Ruwat  Bumi
            a.  Semua  tokoh  masyarakat  dari  ketua    RT, RW , Perangkat
                Desa,  Kepala  Desa.
b.      Semua  Warga  masyarakat  desa  Karangnangka.
c.      Tamu  undangan  desa  sekitar.
d.      Semua  Group  seni  yang  ada  di  desa  Karangnangka.
e.      Semua  ormas  yang  ada  di  desa  Karangnangka  seperti  NU,  Muhamadiyah,   Fatayat,  Muslimat,  Pemuda  Ansor,  IPNU,  IPPNU,  Karangtaruna,  AMPI, Gapoktan,  PKK,  dsb.
f.        Ulama,  Ustad, Guru,  dan  anak-anak  sekolah.
g.      Tokoh  adat,  Juru  Pelihara  situs  dan  Maqom\
  1. Nilai  yang  terkandung  dalam  kegiatan  Ruwat  Bumi
    1. Agar  bumi  tetap  lestari  memberikan  manfaat  bagi  kehidupan.
    2. Membina  mitos  agar  manusia  tidak  semena-mena  terhadap  hasil  bumi
    3. Mencintai  dan  menumbuhkan  rasa  kepedulian  terhadap  isi  bumi  dan  kehidupannya.
    4. Meningkatkan  rasa  syukur  terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Kuasa  yang  telah  memberikan  makanan,  minuman  serta  hasil  bumi  yang  melimpah  melalui  bumi  yang  kita  pijak.
    5. Sarana  doa  kepada  Tuhan  agar  bumi  yan  kita  Ruwat  terhindar  dari  malapetaka  yang  tidak  kita  inginkan. ( ditulis oleh : Drs. AhmadAlwi Suprapto Pamong Budaya Dinporabudpar                           Kab. Banyumas )



























Gambar  Prosesi  Ruwat  Bumi  Desa  Karangnangka  Kecamatan  Kedungbanteng


















Pawai  gelar  budaya  mengarak  tumpeng  Selamat  dan  Gunungan  Hasil  Bumi





















Upacara  serahterima  Gunungan  hasil  bumi  dan  tumpeng  Selamat





























Tasyakuran  Ruwat  Bumi  di  Pendopo  Balai  Desa  Karangnangka

















Pagelaran  Wayang  Ruwat  dan  Wayang  Kulit  semalam  suntuk




















PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  KEBASEN
DESA                         :  KALISALAK

A. Gambaran Umum

                                     Peta Kabupaten Banyumas















PETA KECAMATAN KEBASEN
 
 


 
 




















1.      Luas wilayah Kabupaten Banyumas :   1.327,60   Km  persegi dan secara geografis  terletak di Propinsi Jawa Tengah bagian selatan, yang terletak di antara 108 derajat  39’ 17” – 109 derajat  27’15” BujurTimur dan 7 derajat  15’05” -737’10 Lintang Selatan. . Wilayah Kabupaten Banyumas berada pada ketinggian 20-150 dpl. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya       ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara 0 derajat – 2 derajat.

2.      Batas wilayah Kabupaten Banyumas adalah Kab. Tegal ( utara ), Kab Banjarnegara, Kebumen , dan Purbalingga ( timur ) , Kab. Cilacap ( selatan ) , dan Kab. Brebes ( barat). Wilayah administrative Kabupaten Kebumen seluas 132.759 Ha atau 4.08 %  dari luas provinsi Jawa Tengah.

3.      Jumlah Kecamatan  ada  27 ( dua puluh tujuh )  , yang terdiri dari :
-         Kecamatan Lumbir
-         Kecamatan Wangon
-         Kecamatan Jatilawang
-         Kecamatan Rawalo
-         Kecamatan Kebasen
-         Kecamatan Kemranjen
-         Kecamatan Sumpiuh
-         Kecamatan Tambak
-         Kecamatan Somagede
-         Kecamatan Kalibagor
-         Kecamatan Banyumas
-         Kecamatan Patikraja
-         Kecamatan Purwojati
-         Kecamatan Ajibarang
-         Kecamatan Gumelar
-         Kecamatan Pekuncen
-         Kecamatan Cilongok
-         Kecamatan Karanglewas
-         Kecamatan Sokaraja
-         Kecamatan Kembaran
-         Kecamatan Sumbang
-         Kecamatan Baturraden
-         Kecamatan Kedungbanteng
-         Kecamatan Purwokerto Utara
-         Kecamatan Purwokerto Selatan
-         Kecamatan  Purwokerto Barat
-         Kecamata Purwokerto Timur
:
4.      Jumlah Penduduk Kabupaten Banyumas berdasarkan sensus penduduk tahun 2008 adalah  1.802.150  ( satu juta delapan ratus dua ribu seratus lima puluh ) orang, dengan penyebaran berdasarkan jumlah per kecamatan :
-         Kecamatan Lumbir                           : 53.274 orang
-         Kecamatan Wangon             : 90.083 orang
-         Kecamatan Jatilawang                     : 74.611 orang
-         Kecamatan Rawalo                          : 58.617 orang
-         Kecamatan Kebasen                       : 68.806 orang
-         Kecamatan Kemranjen                    : 76.160 orang
-         Kecamatan Sumpiuh                        : 61.642 orang
-         Kecamatan Tambak                         : 54.351 orang
-         Kecamatan Somagede                    : 31.346 orang
-         Kecamatan Kalibagor                      : 55.836 orang
-         Kecamatan Banyumas                     : 54.827 orang
-         Kecamatan Patikraja                        : 59.442 orang
-         Kecamatan Purwojati                       : 37.865 orang
-         Kecamatan Ajibarang                      : 102.029 orang
-         Kecamatan Gumelar                        : 56.954 orang
-         Kecamatan Pekuncen                      : 80.329  orang
-         Kecamatan Cilongok                        : 120.995 orang
-         Kecamatan Karanglewas                : 61.874 orang
-         Kecamatan Sokaraja                       : 88.172 orang
-         Kecamatan Kembaran                     : 78.878 orang
-         Kecamatan Sumbang                      : 75.594 orang
-         Kecamatan Baturraden                    : 52.616 orang
-         Kecamatan Kedungbanteng            : 54.828 orang
-         Kecamatan Purwokerto Utara         : 53.034 orang
-         Kecamatan Purwokerto Selatan     : 77.945 orang
-         Kecamatan  Purwokerto Barat        : 55.369 orang
-         Kecamata Purwokerto Timur           : 66.674 orang

5. Kondisi geografis Kecamatan Kebasen  ini hampir berimbang antara dataran rendah / rata dan daerah pegunungan. Jarak kota Kecamatan kebasen dari kota Purwokerto kurang lebih 30 km , ke arah selatan.

6. Kondisi Sosial Budaya

a.      Kondisi Sosial

Dari keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Banyumas , mayoritas              ( 75 % ), adalah bermata pencaharian sebagai petani, selebihnya adalah pedagang,Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta

b.      Kondisi Budaya

Perkembangan budaya yang ada di Kabupaten Banyumas sampai saat ini mendasarkan pada aspek aspek kesejarahan, aspek kepurbakalaan, aspek kebahasaan dan kesastraan, aspek permuseuman, aspek kesenian, aspek nilai tradisi. Dari aspek nilai tradisi   kita mengenal berbagai acara yang tradisi menarik, misalnya acara Kirab Pusaka Kaprajan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banyumas setiap tanggal 5 April, Acara Penjamasan Pusaka di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Penjamasan Jimat di Kalibening, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, acara Unggah-Unggahan  yang dilaksanakan oleh komunitas adat masyarakat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang pada setiap bulan Syakban.  Juga ada acara Udun udunan di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang setiap yang prosesinya  mirip unggah-unggahan namun dilaksanakan pada bulan syawal, Acara Jaro Rojab di Desa Cikakak Kecamatan Wangon. Selain itu terdapat berbagai permainan anak yang sudah dilaksanakan secara turun temurun seperti permainan Benthik, Sunda Manda, Dakon, Gobag Dodor, Jonjang dan sebagainya. Dari aspek  kebahasaan dan kesastraan kita mengenal adanya tradisi tutur yang berupa Dalang Jemblung, Sholawatan Jawi, Macapatan dll. Desa Kalisalak di Kecamatan Kebasen memiliki acara tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun secara turun temurun, yakni acara Penjamasan Jimat Kalisalak, yang pada dasarnya adalah menjamas pusaka-pusaka peninggalan leluhur yakni Sunan Amangkurat I.

B.  Keragaman Budaya

 -   Upacara Tradisi Penjamasan Jimat / Pusaka Desa Kalisalak

1.  Pengertian

  • Tradisi  adalah kebiasaan turun temurun yang masih dijalankan oleh masyarakat
  • Jimat  adalah barang barang yang dianggap keramat dan diyakini memiliki keampuhan melebihi kodratnya
  • Pusaka  adalah benda-benda peninggalan leluhur yang diyakini memiliki kelebihan / kesaktian dan bernilai tinggi

2. Asal Mula Adanya   Jimat Kalisalak
Sultan Agung Hanyakrakusuma Senopati Ing Ngalaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama ( Raja yang agung, pangeran yang sakti, panglima perang dan pemangku amanah Allah yang sakti ) raja ke tiga Kerajaan Mataram yang memerintah tahun 1613 – 1645 dan berhasil membawa kerajaannya ke puncak kejayaan dengan pusat pemerintahan di Jogjakarta. Nama kecilnya Pangeran Jatmiko, dengan panggilan Raden Mas Rangsang. Belaiau adalah anak Panembahan Sedo Ing Krapyak atau Panembahan Krapyak atau Mas Jolang           ( berkuasa tahun 1601 -1613 ) dan cucu Panembahan Senopati ( berkuasa tahun 1582 -1601 ) pendiri Kerajaan Mataram.
Pada tahun 1628-1629 Sultan Agung secara besar-besaran mengerahkan pasukannya untuk mengepung Batavia. Karena kuatnya pertahanan VOC , setiap penyerbuan pasukan Sultan Agung dapat dipatahkan
Sultan Agung mangkat pada tahun 1645, selanjutnya Kerajaan Mataram diperintah oleh putranya , Sunan Tegalwangi dengan gelar Amangkurat I. Dalam masa pemerintahannya dan masa-masa selanjutnya Kerajaan Mataram mengalami kemunduran. Wilayah kekuasaannya berangsur-angsur menyempit karena  aneksasi  yang dialkukan olleh VOC.
Keberhasilan Sultan Agung memperluas wilayah Kerajaan Mataram yang meliputi seluruh Jawa dan Madura ( kecuali Batavia dan Banten ) dan beberapa daerah diluar Jawa  ( palembang , Jambi dan Banjarmasin ) ternyata membuat  sebagian penduduk menjadi gusar, sehingga pada tahun 1674 terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh seorang Pengeran dari Sumenep  Madura yang terkenal dengan nama Pangrean Trunojoyo dan dibantu oleh orang-orang dari Makasar. Dalam pemberonakan itu satu wilayah Kerajaan Mataram, Plered                ( sebelah selatan Jogjakarta ) berhasil diduduki oleh pasukan Trunojoyo, sehingga Suna Amangkurat I menyelamatkan diri pada  2 Juli 1677.
Sunan Amangkurat I bermaksud ke Batavia, disertai oleh beberapa kerabat dan prajurit Kerajaan Mataram,diantaranya putra mahkota Adipati Anom, dengan segala perlengkapan dan perbekalan sebagai seorang raja Kerajaan Mataram.
Dalam perjalana ke Batavia, Sunan Amangkurat I selalu mendapatkan pengejaran dan serangan dari Pangeran Trunojoyo, sampai memasuki wilayah perbatasan Kedu dan Banyumas.
Sunan Amangkurat I berhenti di sebuah tempat untuk membuat pertahanan yang kuat, kemudian tempat tersebut diberi nama Tambak ( yang berarti bendungan pertahanan, sekarang menjadi salah satu nama kecamatan di Kabupaten      Banyumas ). Namun pertahanan tersebut tidak berhasil membendung serangan pasukan Trunojoyo.
Sunan Amangkurat I meneruskan perjalanan ke arah barat, sampai di suatu tempat, pengejaran dan penyerangan pasukan Trunojoyo kehilangan jejak, sehingga tempat tersebut diberi nama Buntu ( tidak ada jalan lagi )
Sebenarnya Sunan Amangkurat I  berada di sebuah tempat lebih kurang  satu kilometer di sebelah barat Buntu. Ditempat itu Sunan Amangkurat I beristirahat, tempat tersebut selanjutnya  dinamakan Adisana (Adi berarti Indah, Sana berarti  tempat ). Karena perjalanan ke Batavia masih jauh  beberapa perlengkapan dan perbekalan ditinggalkan di tempat tersebut untuk mengurangi beban, diantaranya : tombak, naskah pusaka,bende ( gong kecil ) dan lain-lain.
Perjalanan diteruskan lagi ke barat, sampai di Desa kalisalak. Sunan Amangkurat I beristirahat. Beberapa perlengkapan dan perbekalan ditinggalkan kembali untuk meringankan beban, diantaranya : bahan pakaian, senjata, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Oleh masyarakat Desa Kalisalak  barang barang peinggala Sunan Amangkurat I tersebut di rawat dan dipelihara sampai sekarang dan ditempatkan di sebuah langgar atau surau. Masyarakat ditempat tersebut menyebutnya Jimat.
Perjalanan dilanjutkan lagi ke barat, sampai wilayah Ajibarang, tepatnya di Desa Lesmana, Sunan Amangkurat I beristirahat, puteri-puteri berkesempatan membersihkan diri di mata air / pancuran yang membentuk telaga kecil.  Tempat tersebut diberi nama Pancurrendang (dari kata pancur / pancaran air dan endang/puteri ). Beberapa senjata  dan stempel Kerajaan Mataram ditinggalkan di Desa Lesmana.
Perjalanan diteruskan ke utara, sampai di Desa Pasiraman. Sunan Amangkurat I beristirahat cukup lama karena lelah dan sakit telah menempuh perjalanan yang cukup berat. Karena sakit yang tak kunjung sembuh , akhirnya pada tahun 1738 beliau mangkat di Desa Pasiraman. Setela beliau mangkat tempat tersebut diganti nama menjadi Pekuncen ( yang berarti akhir hidup Sunan Amangkurat I sudah dikunci ) sampai sekarang. Sunan Amangkurat I dimakamkan di Tegalwangi atau Tegal Arum (disebelah selata kota Tegal ). Oleh sebab itu Sunan Amangkurat I  terkenan dengan nama Sunan Amangkurat I Tegalwangi atau Sunan Amangkurat I Tegal Arum.

2. Tempat dan Waktu Penjamasan Jimat Kalisalak

 - Tempat Penjamasan   :Jimat di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaeten 
    Banyumas, di pelataran bangunan tempat menyimpan  jimat-jimat tersebut
- Waktu Penjamasan : Pejamasan jimat dilaksanakan satu tahun sekali setiap
   tanggal 12 Maulud ,dengan penentuan hari mengikuti kalender Aboge peninggalan
   Sultan Agung.

3. Jenis-jenis jimat
- Senjata : Pedang, tombak, lading penurat, mata panah,panah ragem, pelor
- Simbol bahan makanan / pertanian : Beras merah, beras putih, gabah merah,
  gabah putih, gabah hitam, jebug, jenu, kemiri, mlinjo, pala tunaskelapa
- Perhiasan : Cincin, giwang, kaca mata
- Naskah Pusaka : Arab ( pada kertas ) , Cina ( pada lempengan tembaga), Jawa     
  ( pada daun tal )
- Sandang : Bahan pakaian, kain cinde, stagen
- Bahan Tambang :  Batukarang, belerang,biji besi, timah
- Simbol hewan / binatang  :Kepompong, unduk kerbau, unduk kuda
- Anggota tubuh : Gigi, rambut
- Peralatan / Perlengkapan : Apusbuntut, arang, bekong, benang lawe, butir tasbih,
  cambuk, genuk besar, genuk kecil, gogok, kanthong beras, karah, klowoh, lidi,
  mata uang, paksi keris, pithi besar, pihi kecil,rokok klobot, sikat, suh, sumbat
  botol,tangan-tangan mebel, tempat minumburung, rebana, tutup pithi, waranga,
  wungkal
4. Prosesi Penjamasan Jimat
Prosesi penjamasan Jimat Desa Kalisalak dipimpin oleh Juru Kunci dibantu oleh kerabat jimat, diawali dengan prosesi ritual  doa-doa untuk dapat menurunkan, mengeluarkan jimat dari tempat penyimpanannya serta menempatkan pada altar penjamasan yang telah tersedia.  Tata cara penjamasan jimat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok senjata logam dan kelompok non senjata karena keduanya memiliki perbedaan dalam penanganannya.

a. Cara Penjamasan Senjata  ( logam )
·        Dikeluarka dari empatnya / wrangka, masing-masih dibersihkan dengan air
·        Digosok berulang-ulang dengan jeruk nipis ditambah katul / dedek sampai bersih dan karatnya hilang
·        Bila telah bersih dari karat, dibersihkan kembali dengan air, selanjutnya dijemur sampai kering
·        Diberi pelumas dengan minyak wangi sampai merata
·        Dimasukka kembali ke wrangkanya masing-masing

b. Cara Penjamasan Non Senjata  / Non Logam
·        Dibersihkan dengan kuas atau kain halus
·        Diasapi dengan kemenyan / dupa/ ratus
·        Diberi minyak wangi
·        Dijemur di terik matahari
Paling akhir dari rangkaian penjamasan jimat adalah menghitung kembali jumlah dan jenis jimat yang ada,  dan membandingkan dengan keadaan tahun sebelumnya, karena selalu terjadi penambahan dan pengurangan jumlah dan jenis jimat setiap kali acara penjamasan
5. Yang terlibat dalam Penjamasan Jimat Kalisalak
·        Juru Kunci Jimat Kalisalak
·        Para Keturunan / kerabat juru kunci Jimat Kalisalak
·        Para kerabat keraton KasunananSurakarta
·        Masyarakat dan simpatisan Jimat Kalisalak
·        Unsur Pemerintah yang diwakili oleh aparat desa setempat dan Dinas/ Instansi Kabupaten yang terkait.

C. Nilai –Nilai yang terkandung dalam Acara Penjamasan Jimat Kalisalak
- Penanaman nilai penghargaan peinggalan leluhur, karena jimat / pusaka peninggalan leluhur  merupakan bukti sejarah yang tak terbantahkan untuk mengungkap perjalanan sejarah generasi pendahulu kita, sehungga perlu terus dijaga keberadaannya.
- Membangkitkan nilai kebersamaan dan kegotongroyongan, karena acara penjamasan jimat secara turun temurun dilakukan oleh masyarakat Desa Kalisalak secara spontan, tanpa pamrih dan penuh keikhlasan dan dilaksanakan secara bersama sama, dengan masing masing seolah olah sudah tahu apa yang perlu dikerjakan.
-  Penanaman nilai toleransi,  bahwa acara penjamasan jimat yang dilakukan oleh masyarakat, memang dari dahulu senantiasa adayang pro dan kontra, namun karena adanya  rasa toleransi yang tinggi dari masyarakat, acara tersebut dapat berlangsung dengan aman  dan lancer dari tahun ke tahun.  ( ditulis  Oleh Drs. Edy Suswanto, Kasi Tradisi Sejarah dan Purbakala Dinporabudpar Kab. Banyumas )












































 
 














 





















Juru Kunci bersiap menyerahkan  jimat secara simbolis
kepada kerabat jimat untuk dijamas
 
 


















 
 
















 





















Prosesi Penjamasan Jimat
 
 

















PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  JATILAWANG
DESA                         :  PEKUNCEN

A. Gambaran Umum

                                    Peta Kabupaten Banyumas















PETA KECAMATAN JATILAWANG
 
 


 
 



















  1. Luas wilayah Kabupaten Banyumas :   1.327,60   Km  persegi dan secara geografis  terletak di Propinsi Jawa Tengah bagian selatan, yang terletak di antara 108 derajat  39’ 17” – 109 derajat  27’15” BujurTimur dan 7 derajat  15’05” -737’10 Lintang Selatan. . Wilayah Kabupaten Banyumas berada pada ketinggian 20-150 dpl. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara 0 derajat – 2 derajat.

  1. Batas wilayah Kabupaten Banyumas adalah Kab. Tegal ( utara ), Kab Banjarnegara, Kebumen , dan Purbalingga ( timur ) , Kab. Cilacap ( selatan ) , dan Kab. Brebes ( barat). Wilayah administrative Kabupaten Kebumen seluas 132.759 Ha atau 4.08 %  dari luas provinsi Jawa Tengah.
  2. Kecamatan Jatilawang merupakan sebuah kecamatan yang terletak di bagian selatan Kabupaten Banyumas. Kecamatan ini termasuk daerah yang cukup maju, karena di kota kecamatan Jatilawang dilewati jalur  jalan raya yang menghubungkan antara Jogjakarta ke Bandung atau Jogjakarta ke Jakarta. Kota Jatilawang sebagai ibukota Kecamatan Jatilawang berjarak kurang lebih 30 km dari kota Purwokerto.
  3. Kecamaan Jatilawang memiliki  budaya yang mirip dengan daerah lain di Kabupaten Banyumas,. Dari sisi kesenian ada ebeg, cowongan, lengger, wayang kulit dll.  Dari sisi  nilai- tradisi juga  ada upacara-upacara adat yang mirip dengan wilayah lain seperti acara Suran, Nyadran, sedekah bumi, apitan dll. Namun ada satu acara tradisi di wilayah Kecamatan Jatilawang, khususnya di Desa Pekuncen yang tidak ada duanya di daerah lain di Kabupaten Banyumas, apalagi di luar Kabupaten Banyumas, yaitu upacara tradisional Unggah-Unggahan.

B. RAGAM BUDAYA
 -  Acara  Unggah-Unggahan
1. Ceritera rakyat tentang asal mula adanya unggah – unggahan
Unggah –unggahan adalah sebuah acara penuh nuansa tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun dilaksanakan oleh keturunan Bonokeling dalam rangka memperingati datangnya bulan suci romadhan, yang dilaksanakan pada bulan sadran yang biasanya jatuh pada hari Selasa atau Jumat pada pasaran Kliwon.
Berdasarkan ceritera rakyat Bonokeling adalah  salah seorang penyebar agama Islam  yang diutus oleh sultan Demak untuk menyiarkan agama Islam di wilayah Kabupaten Banyumas pada abad ke 15. Upaya yang dilakukan oleh Bonokeling dalam menjalankan misi keagamaannya memerlukan perjuangan yang sangat berat, karena masyarakat di wilayah  Kabupaten Banyumas saat itu masih memiliki beraneka keyakinan seperti animisme, dinamisme, agama Hindu, Buda  dan lain. Lain. Namun berkat ketekunan , keikhlasan dan rasa tawakalnya kepada Allah swt, Bonokeling berhasil mensyiarkan agama Islam, di berbagai wilayah yang dia singgahi, seperti di wilayah Pasir ( di Kecamatan Karanglewas sekarang ) Wilayah Cikakak ( di Kecamatan Wangon sekarang ), wilayah Kedungwringin ( di wilayah Kecamatan Jatilawang sekarang ), wilayah Bonjok ( di Kecamatan Rawalo sekarang ) dll. Di tempat-tempat tersebut Bonokeling tidak pernah tinggal terlalu lama sehingga tidak banyak peninggalan dan jejak yang dapat ditelusuri saat ini. Di Desa Pekuncen ( di tempat pelaksanaan  acara Unggah-unggahan berlangsung ) Kecamatan Jatilawang, menetap  hingga akhir hayatnya. Di tempat ini Bonokeling membangun keluarga dan memiliki banyak keturunan. Kepada masyarakat sekitar dan  keturunannya, Bonokeling mengajarkan akidah dan syariat Islam. Salah satu ajaran yang disampaikan yakni orang orang Islam diwajibkan berpuasa di Bulan Ramadhan, sehingga bulan Ramadhan adalah bulan suci yang memiliki keistimewaan  dan harus dimuliakan. Oleh sebab itu setiap menjelang Bulan Rhomadhan, Bonokeling mengumpulkan seluruh keturunannya untuk mengadakan acara menyambut datangnya romadhaon dengan doa’ dan dzikir kepada Allah swt.
Tata cara menyambut Romadhon yang dilakukan oleh Bonokeling dan keturunanya, semasa hidupnya, ternyata diteruskan oleh anak keturunannya hingga saat ini. Bonokeling sendiri setelah wafat dimakamkan  di sekitar tempat tinggalnya. ( Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang )

2. Prosesi acara Unggah-Unggahan

Prosesi acara unggah-unggahan dimulai satu hari sebelum hari H diamana ditandai dengan datangnya para anak keturunan Bonokeling dari daerah Kroya, Adiraja, Daunlumbung, Kalikudi dan Pesugihan (cilacap) yang biasanya datang dengan berjalan kaki dan berpakaian kejawen serba hitam dengan membawa segala macam ube rampe untuk keperluan upacara tersebut.  Sesampainya di komplek makam Bonokeling mereka ditampung di balai agung yang memang telah dipersiapkan secara turun temurun sejak zaman Bonokeling hidup, sambil beristirahat mereka mempersiapkan segala ube rampe untuk upacara adat keesokan harinya. 
Uba rampe yang dipersiapkan adalah masakan becek (makanan semacam gule daging kambing / ayam) untuk disajikan dalam acara kenduren. Setelah itu  diadakan acara ritual pisowanan (ziarah kubur) yang sebelumnya mereka harus bersuci dengan cara membersihkan mulut, jempol kaki, telinga, hidung dan muka, acara ini dipandu oleh juru kunci selaku pemangku adat dengan dibantu para bedogol dan pemanggul (orang kepercayaan). Setelah segala persiapan selesai maka tinggal menunggu hari H pelaksanaan dengan rangkaian acara sebagai berikut :

Hari  Pertama

Para tamu yang terdiri dari kaum tani dan anak keturunan Bonokeling mulai berdatangan sekitar pukul 11.00 WIB, termasuk tamu dan anak keturunan Bonokeling yang berasal dari daerah Kroya, Adiraja, Daun Lumbung, Kalikudi, dan Pasugihan, Cilacap yang biasanya datang dengan berjalan kaki dan membawa segala macam uba rampe untuk keperluan kenduren (slametan), serta lengkap dengan pakaian kejawen. Selama perjalanan mereka tidak saling bertegur sapa (tapa bisu). Jumlah keturunan Bonokeling  yang  berkumpul dalam setiap acara ini lebih dari 6.000  ( enam ribu ) orang.
Kemudian para tamu dan anak keturunan Bonokeling bermalam di balai yang memang dipersiapkan sejak dahulu secara turun-temurun mulai zaman mbah Bonokeling dan berada di depan rumah juru kunci/pemangku adat, mereka beristirahat sambil mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan upacara adat tradisional unggah-unggahan.

Hari  Ke dua

Upacara adat tradisional unggah-unggahan dimulai pukul 09.00 WIB didahului dengan acara pisowanan di mana para tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah sowan ke makam panembahan Bonokeling dipimpin juru kunci/pemangku adat yang bernama mbah Karyasari didampingi para bedhogol dan pemanggul (para pembantu kepercayaan juru kunci).
Pisowanan dilaksanakan secara berurutan sampai semua tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah melakukan sowan ke makam panembahan Bonokeling untuk mengirim doa dan memohon berkah (bagi yang meyakini).
Sementara para tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah melakukan ritual pisowanan, masyarakat dan penduduk sekitar kompleks makam Panembahan Bonokeling melaksanakan bersih kuburan dan perbaikan pagar yang berada di kompleks makam tersebut.
Setelah acara pisowanan selesai, malam harinya selepas maghrib sekitar pukul 18.30 WIB diadakan kenduren secara bersama-sama yang diikuti  oleh ratusan bahkan ribuan tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah, acara ritual kenduren ini dipimpin oleh juru kunci yang didampingi para bedhogol dan pemanggul.
Adapun perlengkapan untuk kenduri antara lain :
-           Tumpeng yang maknanya adalah sebagai ungkapan puji syukur  
       kepada Tuhan Yang Maha Esa
-           Daging kambing / ayam yang maknanya adalah sebagai ungkapan kebersamaan dan kegotongroyongan serta mempereret tali silaturahmi
-           Bunga dan minyak wangi yang maknanya adalah agar apa yang menjadi permohonannya cepat diterima / dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Hari Ketiga
Para tamu anak keturunan Bonokeling dan peziarah yang kebanyakan kaum tani melakukan bersih-bersih sisa-sisa kenduren, yang menurut keyakinan setempat  sisa-sisa kenduren tersebut kemudian dibawa pulang dan disimpan sebagai sarana penolak bala dan penolak hama tanaman pertanian.
Diyakini oleh mereka bahwa mbah Bonokeling adalah orang pertama yang memberi pelajaran dan mengajari tata cara bercocok tanam/bertani kepada anak keturunan dan masyarakat sekitarnya, maka tidaklah heran kalau sebagian besar tamu dan peziarah mayoritas adalah kaum tani.
Setelah selesai bersih-bersih para tamu dan peziarah mulai pulang ke rumah dan daerahnya masing-masing.
3.Yang terlibat dalam acara Unggah-Unggahan
·        Sesepuh / Juru Kunci makam Bonokeling yang biasa disebut Bedogol Utama, dibantu empat Bedogol wilayah ( bedogol wilayah Barat, Timur, Utara dan Selatan ) yang diberi kekuasaan mengatur warga keturunan Bonokeling  yang berasal dari wilayah Barat, wilayah Timur, wilayah Utara dan wilayah selatan
·        Para keturunan Bonokeling yang tinggal di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang , maupun yang tersebar di luar daerah seperti di Adipala, Kroya, Kawunganten  Kabupaen Cilacap, maupun yang di Bandung, Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia
·        Masyarakat Desa Pekuncen yangbukan keturunan Bonokeling
·        Sesepuh da Tokoh mastarakat Desa Pekuncen
·        Aparat Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat, serta Dinas Kabupaten yang terkait
4. Nilai-nilai yang terkandung dalam acara unggah-unggahan
·        Semangat kekeluargaan dan persaudaraan : adanya acara unggah-unggahan mampu mengumpulkan keturunan / saudara ( khususnya keturunan Bonokeling ) yang terpencar di berbagai wilayah untuk bersamasama melaksanakan kegiatan yang penuh nuansa kekeluargaan.
·        Semangat kebersamaan dan kegotong royongan : Acara unggah-unggahan bisa terlaksana dengan lancar berkat kebersamaan dan kegotong royongan seluruh keturunan Bonokeling maupun masyarakat sekitar, yang didasari rasa tanpa pamrih.
Semangat religius : Acara Unggah-unggahan merupakan wujud syukur kepada Allah swt  atas segala karunia yang telah diberikan kepada seluruh kleturunan Bonokeling dan masyarakat sekitar, sehingga mereka akan menjalankan perintah Allah dengan lebih baik, terutama di Bulan Ramadhan yang mereka sambut dengan acara tersebut. ( ditulis  Oleh Drs. Edy Suswanto, Kasi Tradisi Sejarah dan Purbakala Dinporabudpar Kab. Banyumas )
















































 
 
















Proses memasak daging kambing untuk persiapan kenduri
 
 
 





















Para sesepuh dan pemangku adat bersiap mangikuti kenduri
 
 

















 
Acara kenduri sebelum acara pokok unggah-unggahan
 
 








































                                                















PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  WANGON
DESA                         :  CIKAKAK

A. Gambaran Umum

                                    Peta Kabupaten Banyumas















PETA KECAMATAN WANGON
 
 


 
 



















Kabupaten Banyumas secara geografis  terletak di Propinsi Jawa Tengah bagian selatan, yang terletak di antara 108 derajat  39’ 17” – 109 derajat  27’15” BujurTimur dan 7 derajat  15’05” -737’10 lintang selatan. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah, yang terdiri dataran taran tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan     ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara  0 derajat – 2 derajat.

Batas wilayah Kabupaten Banyumas adalah Kab. Tegal ( utara ), Kab Banjarnegara, Kebumen , dan Purbalingga ( timur ) , Kab. Cilacap ( selatan ) , dan Kab. Brebes ( barat). Wilayah administrative Kabupaten Kebumen seluas 132.759 Ha atau 4.08 %  dari luas provinsi Jawa Tengah.

Kecamatan Wangon terletak di Bagian Barat Daya Kabupaten Banyumas. Bagian selatan wilayah ini berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Cilacap, Kecamatan Jatilawang di bagian barat, Kecamatan Ajibarang di Utara dan Kecamatan Lumbir di bagian barat. Dari keseluruhan kecamatan di Kabupaten Banyumas ( 27 Kecamatan ) , Kecamatan Wangon menduduki peringkat atas dari segi kemajuan wilayah. Banyak faktor yang mendukung kemajuan wilayah tersebut, diantaranya  wilayah kecamatan wangon menempati wilayah yang strategis sebagai jalur utama perlintasan arus transportasi dari Jogjakarta ke arah Bandung dan kearah Jakarta , serta pintu masuk bagian selatan dari wilayah Kabupaten Banyumas. Selain itu banyak home industri yang berkembang dengan jaringan pemasaran sampai scope internasional, seperti industri bio ethanol, industri gula kelapa dll. Jarak antara kota Wangon dengan Purwokerto  kurang  lebih 30 km ke arah Barat Daya.
Dari sisi keragaman, budaya wilayah Kecamatan  Wangon memiliki aspek-aspek  budaya yang tidak jauh berbeda dengan wilayah lain di Kabupaten Banyumas,
·        Aspek Kesenian             : lengger, ebeg, sintren, calung, sholawatan, macapatan, wayang kulti, genjring, kenthongan , karawitan dll
·        Aspek Kesejarahan dan Kepurbakalaan         : Peninggalan Masjid Saka Tunggal Cikakak, peninggalan situs Jambu Dipa, Situs Wangsa Manggala, Situs Kutajaya dll
·        Aspek Nilai Budaya        : Acara Suran, Nyadran, Apitan, Sedekah Bumi, Ruwatan, Jaro Rojab, Miwiti, Perlon, Nuju, dll
·        Bahasa dan Kesastraan            : Parikan Banyumasan, Wangsalan Banyumasan, Jemblung dll





B. RAGAM BUDAYA
- ACARA JORO ROJAB

1. Riwayat Adanya Jaro Rojab
Jaro Rojab adalah upacara penggantian Jaro ( pagar ) yang mengilingi komplek petilasan / makam Kyai Cikakak ( Kyai Mustolih)  dan masjid saka Tunggal Cikakak, yang dilaksanakan pada setiap bulan Rojab pada hari  Selasa atau Jumat pada pasaran  Kliwon.

Kyai Mustolih adalah seorang  penyebar agam Islam yang datang ke wilayah tersebut  pada abad 17 M.

Berdasarkan  penjelasan nara sumber,  yaitu KGPH Dipo Kusumo dari Keraton Surakarta Hadiningrat dan Drs. Suwedi Montana , seorang peneliti Arkeologi Islam dari Puslit Arkenas Jakarta pada catatan tanggal 29 Januari 2002,  bahwa Kyai Mustolih  adalah keturunan Sunan Panggung salah seorang murid Syech Siti Jenar. Sunan Panggung meninggal pada masa pemerintahan Sultan Trenggono di Demak Bintoro antara tahun 1546-1548 M. Menurut Serat Cabolek, Sunan Panggung dihukum dengan cara dibakar atas kesalahannya menentang suatu syariat yang dianggap menyimpang dari ajaran yang disampaikan oleh wali songo. Namun demikian dalam hukumannya tersebut ia tidak mati, bahkan saat pada saat itu mampu menulis suluk  yang kemudian dikenal dengan sebutan Suluk Malang Sumirang.
Secara berurutan silsilah Kyai Mustolih  dapat dijelaskan, bahwa Sunan Panggung menurunkan anak  bernama Pengeran Halas. Pangeran Halas menurunkan Tumenggung Perampilan. Tumenggung Perampilan menurunkan Kyai Cikakak. Kyai Cikakak menurunkan Resayuda. Kyai Resayuda menurunkan Ngabehi Handaraka, dan Ngabehi Handaraka menurunkan Mas Ayu Tejawati, Istri Amangkurat IV, yang menurunkan Hamengkubuwana, Raja Ngayogyakarta Hadiningrat..

Kyai Cikakak yang merupakan keturunan ketiga Sunan Panggung tidak diketahui nama aslinya. Nama “ Kyai Cikakak “ diperkirakan merupakan sebutan karena ia bertempat tinggal di Desa Cikakak. Di Desa inilah Kyai Cikakak mendirikan sebuah masjid dengan keunikan tersendiri, yaitu dengan tiang utama tunggal ( saka         tunggal ) yang masih lestari hingga saat ini.

Masjid saka Tunggal di bangun di tempat suci “ Agama Kuno “ ( agama yang berkembang sebelum masuknya agama Hindu Budha )  yang dapat dibuktikan di sekitar masjid  terdapat sebuah batu menhir yang merupakan tempat untuk kegiatan ritual : “ agama kuno “, dan sebuah aliran sungai yang meNlitas di sebelah selatan tempat tersebut, sebagai tempat bersuci sebelum masuk ke tempat pemujaan

Setelah meninggal dunia Kyai Mustolih /  Kyai Cikakak dimakamkan di komplek masjid. Oleh masyarakat  komplek makam dan masjid diberi pagar / jaro dari bambu untuk melambangkan bahwa antara makam, masjid dan komplek bekas agama kuno merupakan satu kesatuan.

Untuk menghargai jasa-jasa Kyai Cikakak, masyarakat pada saat itu senantiasa mengganti jaro / pagar bambu setahun sekali dilaksanakan pada bulan Rajab pada hari Jumat atau Selasa pada pasaran Kliwon, dan tradisi teresebut tetap dilangsungkan hingga saat ini.
2. Prosesi Jaro Rojab
a. Tahap persiapan
Tahap persiapan  biasanya dilakukan satu atau dua hari sebelum hari H.dengan aneka kegiatan dan aktifitas :
·        Para keturunan Kyai Cikakak yang berdomisili di luar wilayah kabupaten Banyumas mulai berdatangan mereka menginap di rumah kerabat atau orang tua mereka yang memang asli penduduk daerah tersebut.
·        Para ibu dan kaum perempuan mempersiapkan bahan makanan dan aneka konsumsi hidangan yang akan dinikmati pada saat acara biasanya berupa tumpeng, makanan-makanan tradisional seperti jenang dodol, ketan, ampyang, pisang goreng, keripik pisang, dan aneka lauk pauk
·        Seluruh kepala keluarga mempersiapkan bambu yang akan dipakai membuat jaro
·        Para pemuda mempersiapkan uba rampe gunungan dan perlengkapan lain yang akan dikirab.  
b. Tahap pelaksanaan
Pada saat hari H pelaksanaan  acara Jaro Rojab, kurang lebih pukul 06.00 wib tanpa dikomando dan penuh kesadaran, seluruh kaum laki – laki di Desa Cikakak       kurang lebih 500 ( lima ratus ) orang  berbondong bondong menuju komplek Masjid Saka Tunggal sambil membawa bambu utuh yang akan dipakai.

Setelah dilakukan upacara singkat dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh juru kunci makam Kyai Cikakak dan juru kunci Masjid Saka Tunggal, tanpa banyak bicara mereka membelah bambu sesuai ukuran peruntukannya, kemudian sebagian orang membawa bambu yang sudah dibelah tadi ke sungai di sekitar lokasi untuk dicuci.
Setelah bersih sebagian dari mereka memasang dan merangkai bambu-bambu tersebut di sepajang lokasi yang akan dipasangi jaro, setelah sebelumnya mereka mencopot jaro lama dan mengumpulkannya di suatu tempat.
Kaum wanita mempersiapkan konsumsi di tempat yang telah di sediakan, biasanya di halaman masjid dan di rumah juru kunci. Jumlah konsumsi yang disediakan biasanya diupayakan untuk kurang lebih 3.000 orang, karena siapapun boleh ikut menikmati makanan dan hidangan yang  disajikan. Dan pada saat tersebut banyak pendatang dari desa-desa lain atau luar daerah sengaja datang untuk sekedar menyaksikan acara dimaksud
Sesuai tradisi, pemasangan jaro harus sudah selesai menjelang sholat dhuhur. Oleh sebab itu dengan bersemangat dan penuh kegotong royongan, masyarakat cikakak bahu membahu bekerja keras menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu sesuai tradisi.
Setelah pemasangan jaro selesai dilaksanakan, kaum laki-laki biasanya segera membersihkan diri di sungai yang ada di lokasI itu, atau mandi di rumah masing-masing sambil menunggu dikumandangkannya saat adzan sholat dhuhur, untuk mereka berkumpul kembali menikmati hidangan makan yang telah tersedia. yang sebelumnya diawali dengan kenduri, pembacaan tahlil dan ayat-ayat suci al quran, serta pembacaan doa selamat.
Bila sebagian orang berkenduri maka sebagian orang lagi mempersiapkan tumpeng / gunungan agung yang akan dikirab.
Setelah acara kenduri dan persiapan kirab selesai,maka upacara pemberangkatan kirab yang biasanya hanya mengelilingi jalan-jalan desa setempat segera dilaksanakan. Pada saat acara inilah puncak keramaian terjadi, karena semua orang bersuka cita. Acara  kirab berlangsung hingga menjelang Magrib.
Di tempat  finish di halaman masjid, masyarakat sudah menunggu untuk memperebutkan seluruh isi gunungan, yang biasanya terdiri dari jajanan pasar, buah-buahan dan sayur-sayuran, yang diyakini apabila dikonsumsi dapat memberikan berkah, atau apabila disebar di sawah / pekarangan dapat memberikan kesuburan.
Setelah acara shola Maghrib rangkaian acara dilanjutkan dengan tahlilan dan yasinan sambil menunggu pelaksanaan acara pengajian dan sarasehan budaya yang biasanya menghadirkan nara sumber dari luar daerah.
c. Tahap akhir acara
Satu hari setelah pelaksanaan puncak acara Jaro Rojab, biasanya sampah menumpuk, dan perlengkapan acara perlu dibenahi / dikembalikan ke asalnya. Pada saat ini penduduk dengan kesadarannya sendiri datang ke lokasi untuk melaksanakan bersih desa, dan memperbaiki serta mengembalikan peralatan yang digunakan ke tempat semula untuk dipergunakan kembali di masa-masa mendatang
d.Yang terlibat dalam acara Jaro Rojab
·        Juru Kunci Makam Kyai Mustolih ( Bp. Bambang Jauhari )
·        Juru Kunci Masjid Saka Tunggal Cikakak ( Bp. Sopani )
·        Masyarakat keturunan Kyai Mustolih ( Kyai Cikakak ) yang bertempat tinggal di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, maupun yang bertempat tinggal di luar wilayah
·        Masyarakat keturunan murid Kyai Mustolih yang bertempat tinggal di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, maupun yang bertempat tinggal di luar wilayah
·        Masyarakat keturunan kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat
·        Sesepuh dan Tokoh mastarakat Desa Cikakak
·        Aparat Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat, serta Dinas Kabupaten yang terkait
e. Nilai –Nilai yang terkandung dalam acara Jaro Rojab
·        Nilai kebersamaan dan kegotongroyongan, karena dengan kesadarannya sendiri tanpa diperintah, masyarakat bersama sama membantu secara sukarela sehingga rangkaian acara berlangsung  lancar.
·        Nilai keikhlasan berkorban, karena dengan tanpa pamrih masyarakat rela menyumbangkan  bahan bahan makanan  untuk konsumsi masyarakat dan tamu-tamu yang hadir, serta peralatan dan bambu untuk pembuatan jaro
·        Nilai toleransi, karena dalam acara jaro rojab terdapat kegiatan-kegiatan ang sebagian kelompok masyarakat menganggap bertentangan dengan agama, seperti ngalab berkah dll bagi yang meyakini, namun karena hal trsebut secara riil masih ada di masyarakat dan diyakini dalam hati sebagian mereka, maka adanya rasa toleransi yang tinggi hal tersebut tidak menimbulkan masalah.
·        Nilai religius,  dalam rangkaian acara Jaro Rojab, nuansa keagamaan Islam cukup mewarnai, seperti acara pengajian dan doa-doa, sehingga secara tidak langsung  dapat memberikan manfaat bagi upaya peingkatan keimanan secara Islam. ( ditulis  Oleh Drs. Edy Suswanto, Kasi Tradisi Sejarah dan Purbakala Dinporabudpar Kab. Banyumas )





































Satu tiang Utama pada bagian dalam Masjid Saka Tunggal
yang sudah berumur ratusan tahun


 
 















Acara persiapan sebelum pelaksanaan kirab gunungan dan hasil bumi
 
                


 
 














Kirab Hasil Bumi Masyarakat Cikakak
 
 






 
 














Gunungan hasil bumi dikirab keliling desa
 
 










































PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  KEMBARAN
DESA                         :  BOJONGSARI

A. Gambaran Umum

                                    Peta Kabupaten Banyumas















PETA KECAMATAN KEMBARAN
 
 






Kabupaten Banyumas terdiri dari 27 (dua puluh tujuh ) Kecamatan, merupakan daerah yang cukup subur karena sebagian besar wilayah berada di kaki-kaki gunung dan lembah sungai. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah, yang terdiri dataran  tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan     ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara  0 derajat – 2 derajat.

Kecamatan Kembaran  terletak di Bagian Timur dari Kabupaten Banyumas berbatasan langsung dengan Kabupaten Purbalingga bagian barat. Hamper seratus persen wilayah kecamatan kembaran terletak pada tanah datar, karena tidak ada pegunungan ataupun dataran tinggi di wilayah ini, sehingga sektor pertanian cukup mendominasi sektor pendapatan masyarakat, khususnya  dari tanaman padi dan palawija . Populasi penduduk di Kecamatan Kembaran termasuk cukup tinggi, karena di Kecamatan Kembaran banyak didirikan pergurruan tinggi antara lain : Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan,sehingga frekuwensi mobilitas penduduk cukup banyak.
Dari sisi keragaman  budaya, wilayah Kecamatan  Kembaran memiliki aspek-aspek  budaya yang tidak jauh berbeda dengan wilayah lain di Kabupaten Banyumas,
·        Aspek Kesenian             : lengger, ebeg, sintren, calung, sholawatan, macapatan, wayang kulti, genjring, kenthongan , karawitan dll
·        Aspek Nilai Budaya        : Acara Suran, Nyadran, Apitan, Sedekah Bumi, Ruwatan, Jaro Rojab, Miwiti, Perlon, Nuju, dll
·        Dari pemainan rakyat / permainan  anak – anak terdapat permainan gobag sodor, benthik, jonjang, unclang, dir-diran, gasing, bentengan, sunda manda  dan lain-lain.
B. RAGAM BUDAYA
PERMAINAN ANAK SUNDA MANDA
a. Latar  Belakang Sosial Budaya
Permainan anak Sunda Manda ini diambil dari Desa Bojongsari , Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.  Permainan ini dimainkan oleh anak-anak dari berbagai lapisan sosial, baik anak- laki-laki maupun anak perempuan, tetapi yang paling menggemari permainan ini adalah anak perempuan. Permainan ini tidak berhubungan langsung dengan upacara tradisi maupun agama tertentu.
Dari tahun ke – tahun sejak puluhan tahun yang lalu permainan anak ini tidak mengalami perkembangan dan perubahan dari segi apapun, baik dari segi cara bermain, bentuk sunda mandanya  maupun  aturan-aturannya.
Sampai sekarang permainan ini masih digemari dan dimainkan oleh anak-anak terutama pada sore hari atau pada saat anak-anak berkumpul di waktu senggang.
Kerena mayoritas anak-anak di Desa Bojongsari adalah anak-anak petani maka permainan anak ini cukup diminati, selain sebagai sarana berkumpul, sarana menjalin persahabatan, juga tidak mengeluarkan biaya
b. Peserta  / Pelaku
- Jumlah                      : 2 ( dua ) orang atau lebih
- Usia                          : Berkisar antara 7  s.d 12 tahun
- Jenis kelamin          : Biasanya dimainkan oleh anak perempuan, meskipun anak
                                  laki-laki terkadang juga ikut.
- Tempat bermain     : Di halaman rumah atau di tanah lapang lain yang teduh

c. Peralatan / Perlengkapan
Alat utama yang dipakai adala ”Gacu”  yag biasanya terbuat dari pecahan genting     ( kereweng ) atau pecahan keramik, bisa juga batu yang pipih, biasanya bergaris tengah kurang lebih 3 cm, bentuknya bulat, dapat persegi, atau tidak beraturan, yang penting  tidak menggelinding jika dilempar.

d. Jalannya Permainan
- Persiapan
Anak-anakyang telah bersepakat bermain sunda manda, mula-mula harus mempersiapkan gacu dan tempat bermain. Kemudian mereka membuat lapangan sunda manda sesuai bentuk yang diinginkan, seperiti berbentuk segi empat untuk sunda manda kasur, berbentuk pesawat unuk sunda manda montor mabur, berbentuk bulat untuk sunda manda payung, dan berbentuk klambi untuk sunda manda klambi.
- Aturan permainan
 Untuk semua jenis sunda manda, berlaku aturan sebagai berikut :
- Siapa menang sut, mendapat giliran main lebih dulu
- Yang bisa menyelesaikan satu tahap permainan memperoleh satu ” rumah ” , yaitu berupa penguasaan terhadap satu kotak permainan. Penentuan rumah dilakukan dengan cara melempar gacu  menghadap ke belakang. Di kotak mana gacu jatuh, berarti kotak itu menjadi rumahnya. Rumah ini hanya boleh diinjak oleh yang memiliki.Sedangkan lawan harus melompati rumah tersebut.
- Pergantian pemain
● Gacu menyentuh garis waktu dilempar atau waktu dijalankan
● Gacu jatuh waktu sedang dibawa dalam proses bermain
● Gacu jatuh di rumah lawan
●Gacu jatuh di kotak yangbukan sasarannya

- Konsekuensi kalah-menang
Dalam permainan sunda manda ini tidak ada hukuman bag yang kalah, atau hadiah bagi yang menang. Pihak yang menang adalah  pihak yang memiliki rumah yang banyak sehingga mempersulit ruang gerak  lawan. Bisa mempersulit lawan ini sudah merupakan kemenangan yang menimbulkan kebanggaan. Dan bagi yang kalah sudah merupakan hukuman. Oleh karena itu bentuk hukuman atau ganjaran yang lain tidak ada.

d. Jenis – jenis Sunda Manda
 



            8


           7


          6

 

             5


 
            1

   

             2


              3


               4

                                       SUNDA MANDA KASUR





          6


        1

           2

           3

           7

         5




           4



                                    SUNDA MANDA MONTOR MABUR











8


9


10

7




              6


                                                  5                      4

 



3





2




1




                                       SUNDA MANDA KLAMBI



















 
















































                                                                                                                     







 
 

















 




















Setelah melempar gacu, pemain engklek mengikuti rute kotak permainan
 
 

















 
 

















Melempar gacu menghadap belakang untuk mendapatkan rumah
 
 








1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site, Login & Claim | Lucky Club Casino
    We have managed to provide the best odds and highest limits for luckyclub.live you with a new casino site. As one of the first casinos to offer online gambling on this

    BalasHapus